Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model PJBL Terhadap Peningkatan Pemahaman Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri 78 Palembang

Authors

  • Ayu Marsilina Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis melalui model PjBL terhadap peningkatan pemahaman literasi sains peserta didik kelas V SD Negeri 78 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen (quasi experimental design) jenis  nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V.A yang berjumlah 20 orang sebagai sebagai kelas eksperimen serta kelas V.E yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana berbantuan SPSS Versi 23 didapatkan hasil nilai sig. 0,000 < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel berpikir kritis melalui model PjBL (X) berpengaruh terhadap variabel peningkatan pemahaman literasi sains siswa kelas V SD Negeri 78 Palembang (Y).

Kata Kunci: Berpikir Kritis; Model PjBL; Literasi Sains

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Ayu Marsilina. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model PJBL Terhadap Peningkatan Pemahaman Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri 78 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 394–403. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1565