Analisis Kemampuan Literasi Dalam Implemetasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 68 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1575Keywords:
Literasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi siswa , faktor penyebab rendahnya literasi siswa dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi rendahnya literasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas lV SDN 68 Palembang yang sudah diterapkan kurikulum merdeka. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian terdapat 6 siswa yang masih mempunyai kemampuan literasi masih rendah. 1 siswa yang masih dalam pengenalan huruf dan 5 siswa yang masih mengeja dalam membaca. 15 siswa yang lain sudah dapat membaca dengan lancar. Faktor penyebabnya yaitu faktor internal: kurangnya minta membaca siswa dan kurang nya kesadaran pada siswa itu sendiri bahwa membaca itu adalah hal yamg sangat penting bagi manusia. Faktor eksternal: lingkungan sekitar, lingkungan keluarga, lingkungan bermain dan lingkungan Masyarakat. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi rendahnya kemampuan literasi membaca siswa di kelas lV yaitu dengan cara: menampilkan bacaan yang variati, perbanyak gambar agar siswa semangat untuk membaca, membiasakan mereka untuk selalu membaca 5 menit sebelum proses pembelajaran dimulai, pada saat istirahat saya selalu membiasakan mereka untuk membiasakan membaca.
Kata Kunci: Literasi , Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia