Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis EducativE Games Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1578Keywords:
Model Problem Solving, Hasil Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem solving berbasis educative games terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Eksperimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 69 Palembang yang berjumlah 44 orang. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif kuantitatif menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (4,278 > 1,681). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dalam artian terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem solving berbasis educative games terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III sekolah dasar. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Solving berbasis educative games memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 77, 72 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 59,09
Kata Kunci: Model Problem Solving, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar