Manfaatan Alat Peraga pada Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Salah Satu Sekolah Dasar Islam di Cibinong

Authors

  • Alyaa Fadhiilah STIT Hidayatunnajah
  • Fadhilah Prabowo STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Danang Dwi Basuki STIT Hidayatunnajah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1579

Keywords:

Alat Peraga; Al-Qur’an; Metode Ummi

Abstract

Hal yang biasa terjadi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di jenjang sekolah dasar adalah banyak peserta didik yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an bahkan tidak bisa membedakan huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan manfaat alat peraga dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada metode Ummi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pada penelitian ini adalah studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan obervasi, wawancara dan dokumentasi sebagai penunjang kelengkapan data. Hasil  dari penelitian ini adalah manfaat penggunaan alat peraga dari metode Ummi yang ditemukan diantaranya: Pertama, memahami materi yang disampaikan secara bersamaan tidak secara individu. Kedua, mendengar dan melihat materi menjadi lebih cepat dipahami. Ketiga, peserta didik lebih fokus karena hanya bersumber pada satu alat peraga.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Alyaa Fadhiilah, Fadhilah Prabowo, & Danang Dwi Basuki. (2025). Manfaatan Alat Peraga pada Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Salah Satu Sekolah Dasar Islam di Cibinong. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 722–734. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1579