Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Gamifikasi Terhadapa Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1582Keywords:
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif berbantuan Gamifikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan gamifikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian True Experimental Design dengan desain penelitian PostTest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 200 Palembang yang terdiri dari 47 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V.A dengan jumlah 23 peserta didik sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas V.B dengan jumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal essay dengan jumlah 10 butir yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran serta dinyatakan layak untuk penelitian. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,8 dan kelas kontrol sebesar 65,9. Berdasarkan hasil dari uji indepedent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < (α = 0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif berbantuan Gamifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas V SDN 200 Palembang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif berbantuan Gamifikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan.