Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Siklus Pasca Pramana Terhadap Karakter Berkebhinekaan Global Dan Gotong Royong Siswa Kelas VI SDN I Baktiseraga
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1596Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter gotong royong siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga, dan (3) pengaruh model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global dan gotong royong siswa kelas VI di SDN 1 Baktiseraga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian post test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 1 Baktiseraga yang berjumlah 52 siswa dan sampelnya adalah kelas VI-A yang berjumlah 25 siswa dan kelas VI-B berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian berupa instrumen angket/kuesioner untuk mengukur karakter berkebhinekaan global dan gotong royong. Data yang diperoleh selanjutnya diuji terlebih dahulu melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas selanjutnya di uji dengan uji hipotesis MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data karakter berkebhinekaan global dan gotong royong berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA pada karakter berkebhinekaan global dan gotong royong diperoleh nilai 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis siklus Panca Pramana terhadap karakter berkebhinekaan global dan gotong royong siswa kelas VI di SD Negeri 1 Baktiseraga.