Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di Salah Satu SDIT Cikarang

Authors

  • Zahra Al Atikah STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Budianto STIT Hidayatunnajah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1629

Keywords:

Strategi Guru, Menghafal Qur'an

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan permasalahan kesulitan menghafal pada salah satu siswa di SDIT Cikarang. Siswa tersebut memiliki banyak ghafal Al-Qur’an di kelasnya. Sehingga menarik peneliti untuk meneliti terkait permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi guru dalam pembelajaran tahfidz yang digunakan guru tahfidz di salah satu sekolah SDIT Cikarang pada salah satu siswa yang sulit menghafal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian hasil data yang diperoleh melalui wawancara dengan salah satu guru tahfidz kelas 1 kemudian dokumentasi. Sehingga hasil yang didapatkan dalam penelitian ini diantaranya (1) Faktor penyebab salah satu siswa kesulitan menghafal (2) Strategi guru tahfidz dalam mengatasi siswa kesulitan menghafal (3) hasil implementasi dari stategi guru tahfidz dalam mengatasi anak kesulitan menghafal

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Zahra Al Atikah, & Budianto. (2024). Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di Salah Satu SDIT Cikarang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 562–573. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1629