Analisis Pembelajaran Berbasis Lagu Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran

Authors

  • Nirvana Meidyta Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Sri Nurhayati SDN 1 Rejosari
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi keterlibatan dan pemahaman siswa yang rendah dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi operasi hitung campuran, melalui penggunaan media lagu sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan partisipasi siswa kelas 4B. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis hasil tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama dalam data yang dikumpulkan. Temuan utama menunjukkan bahwa penggunaan media lagu secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Siswa yang sebelumnya pasif menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Visualisasi grafis yang menyertai lagu-lagu membantu memperkuat pemahaman konsep matematika yang kompleks. Hasil tes siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mereka terhadap operasi hitung campuran setelah penerapan metode ini. Penggunaan media lagu dalam pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dianggap sebagai metode inovatif yang dapat diterapkan lebih luas dalam pendidikan. Temuan ini menambah dimensi baru pada teori pembelajaran dengan menunjukkan pentingnya pendekatan multimodal dan dukungan teknologi dalam pendidikan.

Kata kunci: Matematika, Media Lagu, Pembelajaran, Pemahaman Konsep

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Nirvana Meidyta, Veryliana Purnamasari, Sri Nurhayati, & Ferina Agustini. (2025). Analisis Pembelajaran Berbasis Lagu Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 62–75. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/1635