Pemanfaatn Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Kinestetik Di Sekolah Dasar Cikarang
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1639Keywords:
Metode talaqqi; Tahfidzul al-Qur’an; KinestetikAbstract
Metode Talaqqi adalah pendekatan langsung dalam menghafal Al-Qur'an dengan mendengarkan dan meniru bacaan guru untuk memastikan pengucapan dan intonasi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Arabi Cikarang, dengan fokus pada peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an pada siswa terutama dalam aspek hukum tajwid dan makhrajul huruf. Evaluasi berkala dan umpan balik atau feedback langsung dari guru sehingga dapat membantu untuk memonitor dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Mesikpun dihadapkan dengan berbagai tantangan, strategi yang diterapkan oleh pihak SDIT Al-Arabi Cikarang berhasil untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di lingkungan pendidikan Islam, khususnya bagi siswa dengan gaya belajar kinestetik di SDIT Al-Arabi Cikarang.