Keefektivan Model PJBL Berwawasan Edupreneurship Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN I Jenengan

Authors

  • Rizki Sofyan Rizal Program Studi Pascasarjana Magister Pendidikan Dasar

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1676

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui apakah ada pengaruh model PjBL berwawasan edupreneurship terhadap hasil belajar siswa SDN 1 Jenengan. Studi berikut menggunakan metode kuantitatif, dengan melibatkan peserta didik SDN 1 Jenengan kelas 3, materi Perubahan Wujud Benda. Untuk melihat pengaruh model PjBL berwawasan Edupreneurship, akan dibuktikan melalui pengumpulan data pretest-posttest kelas kontrol dan eksperimen serta angket. Analisis data menggunakan statistic deskriptif, pengujian normalitas, homogenitas, serta independent t-test menunjukkan hasil positif yang signifikan. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang menerapkan  model pembelajaran konvensional yaitu 81,88 dan 72,03. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa thitung 0,848 yang artinya terdapat aktivitas positif siswa yang efektif terhadap hasil belajar. Peningkatan hasil belajar nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu 0,4056 dengan kriteria sedang dan 0,2291 dengan kriteria rendah. Temuan ini menunjukkan bahwasannya model PjBL berwawasan edupreneurship efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Rizki Sofyan Rizal. (2025). Keefektivan Model PJBL Berwawasan Edupreneurship Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN I Jenengan . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 11–21. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.1676