Literasi Awal Kesulitan Menulis Dan Membaca Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1678Keywords:
Keterampilan Bahasa, Kesulitan Belajar Awal, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesulitan menulis dan membaca permulaan, deskripsi faktor yang mempengaruhinya, dan deskripsi usaha yang dilakukan guru untuk meminimalisir kesulitan menulis dan membaca permulaan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya ditemukan siswa yang kesulitan dalam menghafal huruf, baik bentuk maupun bunyinya, adanya penambahan dan pengulangan huruf dalam suatu kata, baik ketika sedang menulis maupun membaca, kesulitan menulis dengan susunan kata dengan pola KV-KV-KV, KV-KVK, dan KVK-KV. Kesulitan membaca dengan tiga suku kata, kata yang memiliki huruf konsonan dalam susunan suku katanya, dan susunan kata dengan pola KVK-KV-KV. Kurangnya bimbingan orang tua dan kurangnya minat serta motivasi siswa dalam belajar menjadi faktor temuan yang mendasari kesulitan menulis dan membaca permulaan. Sebagai upaya meminimalisir kesulitan menulis dan membaca yang dialami siswa, Guru melakukan berbagai usaha seperti menggunakan metode pembelajaran yang beragam, berkolaborasi dengan orang tua, dan memberikan dukungan dalam proses pembelajaran.