Tren Riset Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Pada Database Scopus Menggunakan Vosviewer
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1704Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis tren riset pembelajaran IPS di Sekolah Dasar secara Internasional antara tahun 2009 hingga 2024 menggunakan metode komputasional bibliometrik. Tujuan khusus pada penelitian ini yakni menentukan 10 penulis dengan sitasi terbanyak, visualisasi tren penelitian dan peluang penelitian di masa yang akan dating. Riset dilakukan pada 11 Oktober 2024 berbantuan mesin pencari Publish or Perish pada database Scopus dengan kata kunci Social Studies Education in Elementary Schools. Pencarian memunculkan sebanyak 115 artikel dengan publikasi terbanyak pada tahun sebanyak 14 artikel dan yang terendah pada tahun 2009 dengan 1 artikel. Hwang dari Taiwan menjadi penulis artikel dengan sitasi paling banyak yakni187 sitasi yang dipublikasikan oleh Journal of Computers and Education. Hasil visualisasi jaringan pada VOSViewer terdapat 10 istilah dengan 3 cluster. Hasil visualisasi jaringan dan densitas menunjukkan bahwa terdapat istilah yang sering muncul yakni Sosial Stduies, Elementary School. Sedangkan pada tampilan visualisasi overlay terdapat istilah-istilah yang sedang tren pada beberapa tahun terakhir yakni Sosial studies, children, citizenship education, elementary school education, social justice, elementary education, dan teacher education. Maka ditemukan peluang penelitian yakni mengaitkan pembelajaran IPS secara kontekstual dengan melibatkan guru dan siswa secara aktif