Pengembangan Media Pembelajaran Ecobrick Outdoor Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 144 Palembang

Authors

  • shalini syafina Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1725

Keywords:

Pengembangan, Ecobrick, Pendidikan Pancasila

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran yang di berikan oleh seorang pendidik kepada peserta didiknya diharapkan orang dewasa dapat memberikan contoh tauladan, pembelajaran, pengajaran, pengarahan dan peningkatan etika serta akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran ecobrick pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas 4 SD Negeri 144 Palembang yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).

Hasil penelitian tentang kevalidan media berdasarkan validasi ahli materi adalah 90% (sangat valid), validasi media adalah 91,6 % (sangat valid). Lalu penilaian angket respon siswa small group adalah 86,2% (sangat praktis) dan one two one adalah 90,5% (sangat praktis). Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa media ecobrick sangat layak digunakan. Hal tersebut menunjukan bahwa media ecobrick berbasis outdoor pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas 4 valid dan praktis digunakan dengan revisi.

 

Kata kunci : Pengembangan, Ecobrick, Pendidikan Pancasila

 

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

shalini syafina. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ecobrick Outdoor Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 144 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 605–616. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1725