Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Islam di MI YPPI Darussalam Wonorejo: Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Ahmadi Institut Agama Islam Insan Prima Misbahul Ulum (IAI-IPMU) Gumawang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1781

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Nilai-Nilai Islam;, Madrasah Ibtidaiyah;, Pendidikan Islam;, Pembentukan Karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan strategi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah YPPI Darussalam Wonorejo dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, baik dari segi akademik maupun spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi kegiatan pembelajaran di kelas, serta analisis dokumen pendukung. Validasi data dilakukan dengan memanfaatkan teknik triangulasi untuk memastikan keakuratan dan keabsahan hasil penelitian. Berdasarkan temuan penelitian, dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam diterapkan melalui integrasi nilai akhlak mulia dalam semua mata pelajaran, penggunaan metode kolaboratif, dan aktivitas seperti doa bersama serta halaqah pekanan. Strategi ini efektif dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran Islam dan meningkatkan keterampilan sosial serta akademik mereka. Namun, kendala seperti keterbatasan kompetensi guru dan fasilitas pendukung masih memengaruhi konsistensi implementasi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru, peningkatan infrastruktur, dan pengembangan metode berbasis teknologi Islami untuk mengoptimalkan pembelajaran. Temuan ini diharapkan menjadi rujukan bagi madrasah lain dalam mengembangkan pendidikan berbasis nilai Islam yang aplikatif dan relevan.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Ahmadi. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Islam di MI YPPI Darussalam Wonorejo: Studi Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 352–364. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1781