Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Berbasis PISA Dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Hasnawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1789

Keywords:

Literasi Sains, PISA, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama untuk memperoleh gambaran profil kemampuan literasi sains siswa SD dalam kurikulum merdeka yang ada di kota mataram, kedua melihat apakah  terdapat perbedaan Literasi siswa yang ada di sekolah dengan jenjang IKM mandiri belajar, mandiri berubah dan mendiri berbagi, dan ketiga menginvetarisir Praktik-praktik baik yang sudah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi sain siswanya yang nanti bisa di bagi ke sekolah-sekolah yang lain. Mengingat pentingnya literasi sains bagi siswa maka perlu dilakukan analisis literasi sains siswa SD setelah beberapa tahun di terapkannya  kurikulum merdeka, dengan tujuan hasil analisis literasi sains siswa dapat dijadikan acuan dalam merumuskan strategi dan program yang perlu dilakukan sekolah guna peningkatan literasi sains siswa. Selain itu hasil penelitian ini bisa menjadi acuan guru dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi guna mengoptimalkan kompetensi yang ada pada masing-masing siswa. Penelitian ini merupakan mixmethod. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SDN 37, SDN 27 dan SDN 5 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian mixmethod. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains dan wawancara untuk menggali praktik baik guru dalam mengasah literasi sains siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan juga secara kualitatif. Hasil penelitian diperolah bahwa hanya 9,7 % siswa yang memiliki kemampuan literasi sains tinggi, sementara yang memiliki kemampuan literasi sains rendah sebesar 15,2 % dan 75,1 % berada pada kemampuan sedang, serta tidak terdapat perbedaan tingkat kemampuan literasi sains siswa baik pada sekolah dengan kriteria mandiri berbagi maupun manidiri berubah. Adapu praktik baik yang sudah dilakukan guru dalam melatih kemampuan literasi sains siswa yaitu melalui pembelajaran berbasis kontekstual, berbasis masalah, berbasis proyek dan inquiry.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Hasnawati. (2024). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Berbasis PISA Dalam Kurikulum Merdeka. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 537–546. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1789