The Revitalization Of Social Science Teaching In Junior High School To Increase Student Interest
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1825Keywords:
Revitalization, Method, SkillsAbstract
Abstract
Revitalisasi adalah proses, metode, dan tindakan untuk menghidupkan kembali sesuatu yang sebelumnya kurang kuat. Keberadaan artikel ini dikarenakan kurangnya minat terhadap IPS di kalangan mahasiswa. IPS juga selalu diberikan juara kedua karena dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, dimana peran seorang guru sangat diperlukan dalam mengelola metode pembelajaran karena guru memiliki peran utama dalam meningkatkan minat siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran IPS kembali dan membuktikan bahwa IPS bukanlah pelajaran yang membosankan dan juga dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada artikel ini peneliti menggunakan metode analisis dokumen, dimana peneliti melakukan perbandingan dengan beberapa dokumen, baik dalam bentuk jurnal maupun artikel. Artikel ini memberi tahu kita bahwa metode yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran dan meningkatkan minat siswa adalah dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem-Based Learning (Creative Problem Solve/CPS). Kedua metode pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Karena metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah yang terjadi sesuai dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Revitalisasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menghidupkan kembali pelajaran IPS di SMP.