Analisis Hasil Belajar Siswa Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Idham Kholid STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang
  • M. Hafiz Fathony Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Andi Yuli Rahman Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhamad Raj Chandra STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1881

Keywords:

Hasil Belajar, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Pada masa kini, penting bagi siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang bukan hanya tentang menemukan jawaban yang benar, tetapi juga tentang proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika. Pendekatan kualitatif jenis studi kasus merupakan metode yang digunakan. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik analisis induktif dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berpikir kritis memiliki hasil belajar diantaranya; memiliki ingatan yang kuat, mengaplikasikan konsep matematika, mengkritik pendapat guru, membuat bangun datar dan ruang dari kertas lipat, bersikap sopan dan senang belajar, mampu menyelesaikan tugas dan belum bisa melerai pertengkaran temannya. Dampak dari hasil ini menjadi bahan refleksi bagi pendidik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswanya.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Kholid, I., Fathony, M. H., Rahman, A. Y., & Chandra, M. R. (2024). Analisis Hasil Belajar Siswa Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 459–471. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1881