Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Mtode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Bersuci Kelas II Di MI Miftahus Sa'adah Karangsono

Authors

  • Alfi Nur Azizah Institut Agama Islam Ngawi, Indonesia
  • M Luthfi Afif Al Azhari
  • Alif Salma Faiz
  • Agus Wafa Mahaludin Ahmad
  • Binti Nur Khasanah

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1882

Keywords:

Pemahaman Siswa, Tanya Jawab, Bersuci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata Pelajaran Fiqih materi bersuci di kelas II MI Miftahus Sa’adah Karangsono. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II  MI Miftahus Sa’adah Karangsono yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman materi bersuci, dan wawancara dengan siswa untuk mengetahui pendapat mereka tentang metode tanya jawab. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilatar belakangi  rendahnya pemahaman siswa di kelas II terhadap mata Pelajaran Fiqih materi bersuci. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode tanya jawab dapat meningkatkan pemahaman siswa yang diketahui dari hasil tes awal, siswa yang tuntas hanya 7 orang, kemudian diterapkan metode tanya jawab pada siklus I sehingga  mengalami peningkatan pemahaman, siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 orang.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Azizah, A. N., Al Azhari , M. L. A., Faiz , A. S., Mahaludin Ahmad , A. W., & Khasanah , B. N. (2024). Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Mtode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Bersuci Kelas II Di MI Miftahus Sa’adah Karangsono. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 485–494. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1882