Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Mtode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Bersuci Kelas II Di MI Miftahus Sa'adah Karangsono
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1882Keywords:
Pemahaman Siswa, Tanya Jawab, BersuciAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata Pelajaran Fiqih materi bersuci di kelas II MI Miftahus Sa’adah Karangsono. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Miftahus Sa’adah Karangsono yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman materi bersuci, dan wawancara dengan siswa untuk mengetahui pendapat mereka tentang metode tanya jawab. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa di kelas II terhadap mata Pelajaran Fiqih materi bersuci. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode tanya jawab dapat meningkatkan pemahaman siswa yang diketahui dari hasil tes awal, siswa yang tuntas hanya 7 orang, kemudian diterapkan metode tanya jawab pada siklus I sehingga mengalami peningkatan pemahaman, siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 orang.