Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 82 Prabumulih

Authors

  • Ardiyah Universitas Sriwijaya
  • Esti Susiloningsih

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2113

Keywords:

matematika, hasil belajar, realistic mathematic educationn

Abstract

Realistic Mathematic  Education (RME) merupakan pendekatan matematika yang pembelajaran dan penanaman konsepnya secara nyata dengan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian One Grup Pretest-Posttest Design . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tekni tes yang berupa 10 soal pilihan ganda. Teknik analisis yang dipakai meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T menggunakan Microsoft Excel.  Hasil rata-rata pretest adalah 40,9 yang termasuk katagori rendah, dan hasil posttest menunjukan peningkatan yaitu 81,3.  Hasil analisis uji T menunjukan T hitung 29,05 > 2, 07 T tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengarauh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Ardiyah, & Esti Susiloningsih. (2025). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 82 Prabumulih. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 164–172. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2113