Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Faizal Agustav Universitas Sriwijaya
  • Dwi Cahaya Nurani Universitas Sriwijaya
  • Esti Susiloningsih Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2148

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi dampak Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment  dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel penelitian yaitu kelas IVA dan IVC SD Negeri 11 Indralaya, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Non Parametrik dengan Uji Mann-Whitney U dan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,021 (sig. < 0,05). Oleh karena itu, hipotesis awal (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, Pembelajaran Berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi; Pemahaman Konsep; IPAS

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Agustav, F., Dwi Cahaya Nurani, & Esti Susiloningsih. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 129–140. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2148