Penerapan Model Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i1.2150Abstract
Studi ini dilakukan dengan maksud untuk mengkaji efektivitas penerapan model Quick on the Draw dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dalam bentuk non-equipalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 GARUT dengan subjek 27 siswa kelas VA dan 25 kelas VB. Instrumen penelitian meliputi tes berpikir kreatif dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kreatif siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 37,08 (pretest) menjadi 78,48 (posttest). Hasil presentasi menunjukan 32% siswa verkategori sangat kratif dan 68% siswa bendapatkan kategori kreatif. Analisis statistic independent sample t-test dengan nilai signifikasi 0,000 (≤ 0,05). Hasil N-Gain menunjukan pembelajaran Quick on the Draw cukup efektif dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA dengan skor 65,0179. Tingkat keterlaksanaan model pembelajaran mencapai 100%. Studi ini membuktikan bahwa model Quick On The Draw cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA.
Kata kunci ; Quick On The Draw, Kerampilan Berpikir kreatif, Mata Pelajaran IPA.