Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga Broken Home: Kajian Pustaka Atas Strategi Dampak Dan Solusinya

Authors

  • Herlina UIN Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2226

Keywords:

Akhlak Anak, Keluarga Broken Home, Strategi Pendidikan, Dampak Psikologis, Solusi Edukatif

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembentukan karakter anak. Namun, ketika keluarga mengalami keretakan (broken home), proses pendidikan akhlak anak menjadi terganggu. Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pendidikan akhlak yang dapat diterapkan dalam konteks keluarga broken home, menganalisis dampak psikologis dan moral yang ditimbulkan, serta merumuskan solusi edukatif yang efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur terhadap berbagai jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa anak dari keluarga broken home cenderung mengalami gangguan emosi, perilaku menyimpang, dan penurunan nilai- nilai moral. Strategi seperti penguatan peran orang tua tunggal, pendampingan psikologis, dan pendidikan berbasis nilai-nilai agama terbukti dapat meminimalisir dampak tersebut. Solusi pendidikan akhlak yang bersifat kolaboratif antara keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi sangat penting dalam membentuk pribadi anak yang tetap berakhlak meskipun berasal dari keluarga yang tidak utuh.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Herlina, & Pahrudin, A. (2025). Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga Broken Home: Kajian Pustaka Atas Strategi Dampak Dan Solusinya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 164–169. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2226