Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2321Keywords:
media pembelajaran, Powtoon, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi pembelajaran berbasis Powtoon untuk siswa sekolah dasar (SD) pada materi wujud zat dan perubahannya, kemudian mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan dari media yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Dalam penelitian ini, dilakukan validasi terhadap materi dan media, serta uji coba yang melibatkan 20 siswa kelas IV. Hasil validasi dari ahli media menunjukkan persentase nilai 100%, yang dikategorikan sebagai sangat valid. Sementara itu, validasi dari ahli materi memperoleh persentase nilai 94%, juga termasuk dalam kategori sangat valid. Pada uji coba lapangan, penilaian peserta didik terhadap media mencapai persentase 92,5%, yang dikategorikan sebagai sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran telah memenuhi kriteria kelayakan, validitas, dan kepraktisan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.