Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 1 Leneng Praya Lombok Tengah dan MI Gelondong Panji Sari

Authors

  • arif rachman MI NW Sengkunyit

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.239

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan dan menghasilkan kader masa depan yang berkualitas dibidang ilmu, moral dan mental adalah pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui lembaga-lembaga pendidikan diyakini sebagai langkah tepat untuk mengatasi persoalan yang menimpa generasi muda bangsa ini.

Persoalan utama yang melanda generasi muda dewasa ini adalah terjadinya dekandensi moral yang mendesak lembaga-lembaga pendidikan melaksanakan pendidikan karakter mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan karakter merupakan upaya sungguh-sungguh dalam rangka membantu individu bertindak dan berperilaku sesuai nilai-nilai etis baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Mengajarkan nilai tidak cukup dengan memperdengarkan nilai-nilai kepada peserta didik. Agar mereka benar-benar mempelajarinya, mereka harus mengalami dalam berbagai tindakan, serta menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai bagian dari mereka

Sementara, hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama  menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MIN Leneng yaitu kejujuran, kerjasama, peduli sosial, peduli lingkungan, kewarganegaraan dan religius. Implementasi Melalui Kegiatan-Kegiatan Ekstrakurikuler, d). Implementasi Pendidikan Karakter melalui keteladanan.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

rachman, arif. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 1 Leneng Praya Lombok Tengah dan MI Gelondong Panji Sari. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.239

Issue

Section

Articles