Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara

Authors

  • Ahmad Rifa'i Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai Kalimantan
  • Rosita Hayati MIN 13 Hulu Sungai Utarag

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249

Keywords:

Pembelajaran, Pengembangan, Nilai-nilai dan Akhlak

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang peran pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa kelas IV di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait proses pembelajaran akidah akhlak di MIN 13 Hulu Sungai Utara, meliputi pelaksanaan atau proses pembelajaran akidah akhlak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa.Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran akidah akhlak atau pendidik, siswa atau peserta didik kelas IV.

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Proses analisis data yakni dengan menelaah seluruh data dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumenter yang berhubungan dengan pembelajaran akidah akhlak dalam, pengecekan keabsahan temuandilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti.

Penelitian yang lakukan dapat disimpulkan bahwasanyaproses pembelajaran akidah akhlak guru menjalankan tugasnya sesuai dengan kurikulumyang berlaku,dimana terlihat ketika siswa mampu membiasakan mengucakan salam dan menjawab salam, serta mampu melafalkan asma’ al husna. Dalam pengembangan nilai-nilai akhlak siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat.

Downloads

Published

2019-12-15

How to Cite

Rifa’i, A., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 86-96. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249

Issue

Section

Articles