Pengaruh model pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Mertak Kesambik

Authors

  • Marudin IAI Hamzawadi Pancor Lombok Timur
  • Elfa Yuliana IAI Hamzanwadi NW Pancor
  • Nur Suaida IAI Hamzanwadi NW Pancor Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.362

Keywords:

Role playing; Audio visual; Hasil belajar

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Mertak Kesambik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Cluster Sampling (Area Sampel), teknik ini digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas, maka pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Mertak Kesambik dengan jumlah siswa 27 orang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Sampel sebanyak 15 siswa sebagai Kelas Eksperimen, dan 12 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data yang telah diperoleh dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Role Playing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Mertak Kesambik

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Marudin, Yuliana, E., & Suaida, N. (2023). Pengaruh model pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Mertak Kesambik. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.362

Issue

Section

Articles