Penggunaan Media Story Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang

Authors

  • Megawati Mahalil Asna Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.384

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman Siswa Kelas IV MI Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang padamateri Hijrah Nabi Muhammad saw ke Yatsrib Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam semester 2. Pertanyaan utama yang ingin di jawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penggunaan Media Story Boo kpadapembelajaran SKI MateriHijrahNabi Muhammad saw ke Yatsrib pada Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang ? (2) bagaimana peningkatan pemahaman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui media Story Book pada SiswaKelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan dengan penelitian tindakan kelas.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tanggal 03 September 2020 sampai 10 Oktober 2020 dan terdiri dari 2 siklus dan satu siklus terdiri atas dua jam pelajaran atau satu kali pertemuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyampaian materi sebelumnya guru menyampaikan materi HijrahNabi Muhammad saw ke Yatsrib matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelumnya menggunakan metode ceramah yakni guru menyampaikan dengan ceramah dan siswa hanya mendengarkan dengan hanya sesekali di beri kesempatan untuk bertanya.

Pemahaman siswa tentang materi Isra’ Mi’raj yang di ajarkan dengan metode ceramah sangat rendah. Dari hasil tesulangan harian siswa, dari jumlah 32 siswa hanya sekitar 8 siswa (31%) yang mampu memahami materi Isra’ Mi’raj dan memperoleh hasil yang maksimal atau mencapai batas ketuntasan belajar minimal mereka. Sedangkan sisanya (65%) sekitar 28 siswa memperoleh rata-rata nilai di bawah 60.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Mahalil Asna, M. (2020). Penggunaan Media Story Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 211-218. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.384

Issue

Section

Articles