Pengaruh Teknik Peta Konsep Dan Minat Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Narasi

Authors

  • Lalu Awaludin Akbar IAIH NW Pancor
  • Muslihan

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v3i1.455

Keywords:

Teknik Peta Konsep, Minat Membaca Karya Sastra, Kemampuan Menulis Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mempunyai minat membaca karya sastra tinggi dengan siswa yang mempunyai  minat   membaca karya sastra rendah; (3) pengaruh interaksi antara teknik peta konsep dengan minat  membaca karya  sastra terhadap   kemampuan menulis narasi; (4) Perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui teknik  peta konsep dengan   siswa yang mengikuti  pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki minat membaca karya sastra tinggi; (5) Perbedaan  kemampuan menulis narasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran   konvensional pada siswa yang memiliki minat membaca karya sastra rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen post test only control group design, yang dilaksanakan pada siswa kelas V di SDN gugus 2 Kecamatan Sukamulia Analis data menggunakan analisis varians dua jalur dan uji tukey (Q). Simpulan penelitian adalah : (1) ada perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) ada perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mempunyai minat membaca karya sastra tinggi dengan siswa yang mempunyai minat membaca karya sastra rendah.  (3) ada pengaruh interaksi antara teknik peta konsep dengan minat membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis narasi.  (4) pada siswa yang memiliki minat membaca karya sastra tinggi ada perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.(5) pada siswa yang memiliki minat membaca karya sastra rendah ada perbedaan kemampuan menulis narasi  antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran konvensional    

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Awaludin Akbar, L., & Muslihan. (2021). Pengaruh Teknik Peta Konsep Dan Minat Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Narasi . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i1.455

Issue

Section

Articles