Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong
Keywords:
Kegiatan malam bina iman dan taqwa; Pembinaan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter pada peserta didik melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong, mengetahui dampak penanaman nilai karakter pada peserta didik melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa peserta mabit SDIT An-Nahl Tabalong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SDIT An-Nahl Tabalong telah melakukan pembinaan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler/non akademik yakni kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di sekolah ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Adapun nilai nilai yang terimplementasi dalam kegiatan MABIT yakni nilai religius, disiplin, tanggung jawab, gotong royong, mandiri, nasionalis, peduli, menghargai prestasi. Hasil dari kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yaitu sangat membantu peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai karakter yang baik. Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) memberi dampak yang positif terhadap karakter peserta didik dan mendapat dukungan yang baik dari para orang tua