Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong

Authors

  • Ahmad Rifa'i Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai Kalimantan
  • Rusdiati Rusdiati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Amuntai

Keywords:

Kegiatan malam bina iman dan taqwa; Pembinaan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter pada peserta didik melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong, mengetahui dampak penanaman nilai karakter pada peserta didik melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa peserta mabit SDIT An-Nahl Tabalong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SDIT An-Nahl Tabalong telah melakukan pembinaan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler/non akademik yakni kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di sekolah ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Adapun nilai nilai yang terimplementasi dalam kegiatan MABIT yakni nilai religius, disiplin, tanggung jawab, gotong royong, mandiri, nasionalis, peduli, menghargai prestasi. Hasil dari kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yaitu sangat membantu peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai karakter yang baik. Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) memberi dampak yang positif terhadap karakter peserta didik dan mendapat dukungan yang baik dari para orang tua

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Rifa’i, A., & Rusdiati, R. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 104–118. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/544

Issue

Section

Articles