Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Baiq Rusmiati Sekolah Dasar Negeri 3 Suralaga

Keywords:

Kemampuan membaca siswa; Pembelajaran Menggunakan Media Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Peningkatan Kemampuan Membaca Mengunakan Media  Gambar  Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 3 Suralaga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian  dalam penelitian ini Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 3 Suralaga tahun pelajaran 2018/2019.

Untuk mengumpulkan data hasil kemapuan membaca siswa, digunakan instrument tes kemapuan membaca berdasarkan kriteria dan indikator – indikator yang telah ditentukan.. Hasil penelitian menunjukan : siklus I rata-rata  kemampuan membaca siswa adalah 65,85 dan tingkat prosentase ketuntasan mencapai 55% dengan tingkat kemampuan sedang. Pada siklus II rata – rata kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 76 dan tingkat kemampuan sudah tergolong tinggi dengan tingkat ketuntasan mencapai 85% sesuai dengan target yang telah ditetapkan peneliti yaitu 80%.

Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran  dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas I SDN 3 Suralaga tahun pelajaran 2018/2019

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Rusmiati, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 128–137. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/545

Issue

Section

Articles