Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN Cakranegara Gugus V

profesionalisme guru PAI

Authors

  • Irwan unw mataram
  • Sudariyah Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nurul Falah Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.567

Keywords:

Profesionalisme, Pendidikan Agama Islam, Implementasi kurikulum 2013

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri gugus V Cakranegara. Implementasi kurikulum 2013 merupakan langkah konkret pemerintah dalam melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam  sistem pendidikan di seluruh Indonesia. Pendidikan yang baik tentunya memiliki pengaturan sistem dan tatakelola yang baik pula. Hal tersebut selaras pula dengan munculnya kurikulum baru ini yang dihajatkan mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan bangsa ini.  Kendatipun demikian baiknya kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah sangat mustahil akan menuai keberhasilan tanpa adanya intervensi yang signifikan dari guru di sekolah.Dalam kurikulum 2013 membutuhkan guru yang kreatif, cerdas, terampil, berakhlak yang baik, bertanggungjawab dan bersikap demokratis. Kesiapan kompetensi yang diperlukan oleh guru harus mampu menerapkan kompetensi paedagogik, kompetensi spiritual dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut diharapkan mampu diterapkan oleh guru agar anak didik dapat mengambil tauladan yang baik.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Irwan, Sudariyah, & Falah, N. (2022). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN Cakranegara Gugus V: profesionalisme guru PAI. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 94-106. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.567

Issue

Section

Articles