Inisiatif Kemitraan Kepala Sekolah Untuk Mengurangi Resiko Learning Loss Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.575Keywords:
Kemitraan, Kepala Sekolah; Learning LossAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi pembelajaran dan Langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer sekolah dalam mengatasi potensi hilangnya kesempatan belajar (learning loss) pada sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah dikabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Kajian penelitian difokuskan pada tantangan belajar dan inisiatif kepala sekolah dalam membangun kemitraan untuk memberikan layanan belajar bagi siswa selama masa pandemi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 10 kepala sekolah SD dan MI dikecamatan suralaga kabupaten Lombok timur.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah tidak memiliki perencanaan pembelajaran masa pandemi, pembelajaran dilaksanakan dengan metode belajar dari rumah (BDR) dan tatap muka terbatas. Untuk memberikan layanan pemebelajaran masa pandemic kepala sekolah membangun kemitraan yang kuat dengan relawan literasi desa, relawan literasi perguruan tinggi dan koordinasi dengan pengawas sekolah. Sedangkan tantangan yang dihadapi dalam implementasi layanan pembelajaran adalah situasi yang berubah-ubah, minimnya jumlah relawan dan kurangnya media pembelajar.