Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah

Authors

  • Safrizal IAIN Batusangkar
  • Diyyan Marneli IAIN Batusangkar
  • Zahratul Maulani SDN 21 sawah tangah
  • Desty Ayu Anastasha IAIN Batusangkar
  • Salman Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584

Keywords:

Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Aktivitas belajar, Hasil Belajar IPA, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Sawah Tangah serta aktivitas belajar yang membosankan akibat kurang maksimalnya penyajian pembelajaran IPA di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Metodologi penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 21 Sawah Tangah yang berjumlah 13 orang. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan dua betuk, yakni tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentase untuk kedua data yang diperoleh, baik secara tes maupun non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Siswa SDN 21 Sawah Tangah mengalami peningkatan pada Siklus 1, dengan ketuntasan siswa sebanyak 9 orang dengan persentase 69,23%, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar kembali meningkat dengan perolehan persentase kelas sebesar 11 orang dengan persentase 84,62%. Peningkatan lainnya juga terlihat pada aktivitas siswa, baik pada siklus 1 maupun pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Sawah Tangah.  

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Safrizal, Marneli, D. ., Maulani, Z., Anastasha, D. A., & Salman. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584

Issue

Section

Articles