Desain Pembelajaran Daring Bernuansa Karakter: Suatu Kajian Pembiasaan Sikap dan Perilaku Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Imroatul Hayyu Erfantinni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.586

Keywords:

Karakter; Sikap & Perilaku; Pembelajaran Daring; Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan upaya penanaman karakter pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kauman yang dilakukan pada oleh guru pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini berfokus membahas upaya guru kelas untuk membina karakter siswa yang dipetakan menjadi lima aspek seperti yang dicanangkan oleh gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas melalui pendekatan kualitatif.  Penelitian ini bermuara pada diperolehnya informasi mengenai pelaksanaan proses pendidikan daring yang mengimplementasikan aspek – aspek karakter. Hasilnya pada aspek religius dibiasakan dan dibentuk dengan aktifitas senyum, salam dan sapa pada awal kegiatan pembelajaran dan berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan. Nasionalis dibentuk dengan membiasakan anak berkorban secara ikhlas, memiliki prestasi, cinta tanah air, melestarikan lingkungan fisik dan sosial, mentaati aturan yang berlaku, dan disiplin. Mandiri diwujudkan dengan membiasakan anak mampu memiliki problem solving serta berperilaku tidak bergantung pada orang lain, lalu dapat mengoptimalkan semua yang dimiliki para siswa baik tenaga, pikiran, waktu, biaya untuk mewujudkan keinginan dan cita-cita dengan semangat kerja keras dan upaya sendiri. Gotong royong kesediaan saling menghargai, bekerjasama, taat keputusan, musyawarah mufakat, saling menolong, berempati, serta rela berkorban. Tidak jarang pada saat kegiatan belajar mengajar untuk beberapa mata pelajaran tertentu, para siswa diberi tugas secara berkelompok, dan integritas yang diwujudkan dalam latihan berupa mengarahkan siswa menggunakan waktunya semaksimal mungkin untuk kegiatan yang bermanfaat baik di sekolah maupun di rumah. Pada saat di sekolah siswa dituntut untuk selalu melaksanakan tugasnya sesuai kemampuan masing-masing seperti mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan baik, menyetorkan tugas sesuai dengan yang disepakati dengan gurunya.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Erfantinni, I. H. (2022). Desain Pembelajaran Daring Bernuansa Karakter: Suatu Kajian Pembiasaan Sikap dan Perilaku Pada Siswa Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 40–52. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.586

Issue

Section

Articles