Penggunaan Media Pembelajaran Sesuai Klasifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SD Inklusi Pelangiku Jombang)
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.587Keywords:
siswa berkebutuhan khusus, media pembelajaranAbstract
Anak berkebutuhan khusus memiliki hak memperoleh pendidikan yang bermutu dan mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Pada anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SD Inklusi Pelangiku Jombang mendapatkan media pembelajaran sesuai program pembelajaran individual yang telah dirancang guru dan terapis penanggungjawabnya. Namun demikian yang perlu dipahami, penggunaan media pembelajaran pada SD Inklusi Pelangiku bukanlah hal yang utama, yang terpenting adalah kesediaaan guru untuk memperhatikan karakteristik tiap siswa serta mendengarkan dan memfasilitasi apa yang menjadi minat siswa sehingga membantu siswa mandiri sesuai potensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus di SD Inklusi Pelangiku Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni secara kualitatif dengan jenis studi kasus. Jenis studi kasus ini untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap suatu persoalan yang ada secara lebih mendalam. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui pada SD Inklusi Pelangiku Jombang dalam menggunakan media pembelajaran sesuai dengan klasifikasi anak berkebutuhan khusus, sehingga dalam proses pembelajaran setiap siswa tidak disamakan karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda.