Penggunaan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Sekolah Dasar

Authors

  • Fezy Fandary mahasiswa
  • Mai Sri Lena

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.595

Abstract

Latarbelakang penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu oleh guru kurang optimal sehingga menimbulkan rendahnya kemampuan peserta didik kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan penggunaan model Mind Mapping di kelas V SDN 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman demi kemapuan tematik yang dicapai peserta didik. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) memakai pendekatan kualitatif dan kuantitatif dijalankan dua siklus, meliputi tahapan prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Mengumpulkan data penelitian menggunakan dokumen analisis, observasi, tes serta nontes. Olahan penelitian memperlihatkan keadaan meninggi dari siklus I ke siklus II. Rata-rata Perencanaan untuk siklus I sejumlah 80,55% (B) hingga 94,44% (SB) untuk siklus II. Pelaksanaan dari siklus 1 pada kegiatan guru rata-ratanya 82,30% (B) siklus II 96,87% (SB) dan siklus I aktivitas peserta didik sudah terlaksana yaitu 79,68% (C) dan meningkat 96,87% (SB) pada siklus II. Rerata hasil belajar peserta didik siklus I adalah 79,34 (C) menjadi 91,55 (B) di siklus II. Bersumber pada olahan data dirangkum bahwa penggunaan model mind mapping mampu menaikkan tingkat penguasaan pembelajaran tematik terpadu yang dicapai peserta didik di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Hasil belajar; pembelajaran tematik terpadu; model Mind Mapping

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Fandary, F., & Lena, M. S. (2022). Penggunaan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 122–136. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.595

Issue

Section

Articles