Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.597Keywords:
Model Discovery Learning, Media Benda Nyata, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model discovery learning berbantuan media benda nyata pada siswa kelas 3 SD. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 3 SDN 6 Praya tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan guru kelas 3 SD.
Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang dimana tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SD. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi awal rata-rata hasil belajar hanya 51,5 dan hanya 30,77% siswa yang mendapat nilai diatas KKM, sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 60,15 dan 46,15% siswa yang mendapatkan KKM diatas rata-rata. Pada siklus 2 rata-rata peningkatan hasil belajar yang didapat menjadi 84,23 dan 84,62% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD.