Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD

Authors

  • Munawir Gazali IAI Hamzanwadi NW Pancor
  • Made Ayu Pransisca Institut Pendidikan Nusantara GLobal

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.597

Keywords:

Model Discovery Learning, Media Benda Nyata, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model discovery learning berbantuan media benda nyata pada siswa kelas 3 SD. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 3 SDN 6 Praya tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan guru kelas 3 SD.

Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang dimana tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SD. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi awal rata-rata hasil belajar hanya 51,5  dan hanya 30,77% siswa yang mendapat nilai diatas KKM, sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 60,15 dan 46,15% siswa yang mendapatkan KKM diatas rata-rata. Pada siklus 2 rata-rata peningkatan hasil belajar yang didapat menjadi 84,23 dan 84,62% siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media benda nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.597

Issue

Section

Articles