Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.598Keywords:
Flipped Classroom, Efikasi Diri, Hasil Belajar, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan pembelajaran model flipped classrom terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik; (2) menguji perbedaan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik yang memiliki efikasi diri tinggi dan rendah; (3) menguji interaksi model flipped classroom dan efikasi diri terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 60 mahasiswa dipilih secara random sampling yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Varians) dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) mahasiswa PGSD yang dibelajarkan dengan model flipped classroom memiliki hasil belajar yang berbeda dengan mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik terhadap mahasiswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran flipped classrom dan efikasi diri dengan hasil belajar mahasiswa PGSD di Universitas Muhammadiyah Gresik. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penggunaan model pembelajaran ini dapat ditingkatkan sebagai model alternatif yang dapat digunakan dalam kurikulum pendidikan matematika SD.