Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 32 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.638Keywords:
Bangun Ruang; LKPD Make a Match; Model ADDIEAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Make a Match yang memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga siswa mampu menguasai pembelajaran matematika pada materi bangun ruang dengan mudah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan di deskripsikan secara terperinci dari tahap melakukan spesifikasi produk, Flowchart, Storyboard, pengembangan produk, validasi para ahli, serta mengujikan pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli menilai kualitas tampilan media, penggunaan bahasa dan penyajian materi yang secara keseluruhan memperoleh skor persentase 86,05% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase 85,87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran kooperatif tipe make a match(mencari pasangan) pada materi bangun ruang kelas V SD disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Make a Match yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis.