Efektivitas Pemberian Reward Point Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 5 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.642Keywords:
Motivasi Belajar; Pemberian Reward PointAbstract
Kurangnya motivasi belajar bahasa Indonesia siswa menjadi penyebab kurang antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu diperlukannya sebuah metode yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode pemberian reward point. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian reward point terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Grup dengan menggunakan sampel dua kelas. Teknik analisis data dengan uji normalitas dengan rumus kolmogorov smirnov, uji homogenitas dengan uji F, dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan hasil penyebaran angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,28% dengan kategori sangat baik, kemudian nilai rata-rata soal uraian pretest kelas eksperimen yaitu 52 dengan kategori kurang baik, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,6 dengan kategori sangat baik. Hasil hipotesis dengan uji t yaitu thitung 2,484 lebih besar dari ttabel 2,010 yang artinya ha diterima dengan demikian reward point efektif terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pemberian Reward Point.