Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang

Authors

  • Karmila Karmila Karmila
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.650

Keywords:

Gender; Hasil Belajar; Matematika; Video Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumulan tes dan dokumentasi hasil belajar matematika. Kelas IV B dipilih sebagai sampel pada penelitin ini dengan teknik purposive sampling karena penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Dari hasil analisis tersebut pada nilai pretest diperoleh nilai signifikan thitung 2,60 > ttabel 2,048 pada nilai posttest diperoleh nilai yang signifikan 2,81> ttabel 2,048 Namun dari hasil tes awal dan tes akhir siswa laki-laki dan siswa perempuan mengalami peningkatan dari hasil belajar matematika setelah dilakukan perlakuan menggunakan video pembelajaran. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh gender terhadap hasil belajar matematikam melalui video pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 79 Palembang.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Karmila, K., Surmilasari, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 290–304. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.650

Issue

Section

Articles