Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD

Authors

  • Nur Utami Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.651

Keywords:

Hasil Belajar; Model Pembelajaran Inside Outside Circle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside Outside Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri 99 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah tru eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VB dan siswa kelas VD yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inside Outside Circle dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis uji hipotesis di ketahui bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dapat di lihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen = 80,07 dan kelas kontrol = 69. Dan hasil yang ditunjukan juga dari nilai  3,016, hal tersebut kemudian dibandingkan dengan  di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = +  = 27 + 27 – 2 =52 diperoleh nilai  2,007. Sehingga  >  maka  di tolak  di terima maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran inside outside circle pada materi siklus air terhadap hasil belajar kelas V di SD.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Utami, N., Lara Syaflin, S., & Faipri Selegi, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 410–423. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.651

Issue

Section

Articles