Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SD Negeri 186 Palembang

Authors

  • Oktaviasari Oktaviasari universitas pgri palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.655

Keywords:

Ispring; Organ Pencernaan Manusia; Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif ispring yang memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 186 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta soal tes siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli skor persentase 91% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase 93% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru memperoleh skor persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil efek potensial keseluruhan siswa memperoleh skor 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan media pembelajaran interaktif ispring pada materi organ pencernaan manusia untuk kelas V SD disimpulkan bahwa  media pembelajaran interaktif ispring yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Oktaviasari, O., Destiniar, D., & Faipri Selegi, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Kelas V SD Negeri 186 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 269–281. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.655

Issue

Section

Articles