Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran SBdP Di SD Negeri 23 Palembang

Authors

  • Duheriani Duheriani Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera FKIPUniversitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.656

Keywords:

Ice Breaking, Motivasi Belajar, SBdP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP. Masalah Penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siwa pada pembelajaran SBdP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode True Experimental design dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Contol Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV.A dan siswa kelas IV.B yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Metode pengumpulan data adalah angket motivasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menujukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP melalui teknik ice breaking. Hasil analisis uji hipotesis di ketahui bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dapat di lihat dari nilsi rata-rata kelas eksperimen adalah 72,2 dan kelas kontrol adalah 59,73. Dan hasil yang ditunjukkan juga dari nilai  adalah 9,584, hal tersebut kemudian dibandingkan dengan  dimana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = = 30 + 30 2=58 diperoleh nilai adalah 2,002. Sehingga  >  maka  ditolak diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa, sehingga dapat simpulkan bahwa ice breaking terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SBdP di SD Negeri 23 Palembang.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Duheriani, D., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran SBdP Di SD Negeri 23 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.656

Issue

Section

Articles