Pengaruh Karakteristik Gender Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 32 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.661Keywords:
Hasil Belajar; Karakteristik Gender; Matematika.Abstract
Banyaknya pendapat para ahli yang mengatakan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran maskulin, yang artinya siswa laki-laki lebih tertarik dengan pembelajaran tersebut, sedangkan perempuan cenderung lebih cemas, lebih lemah serta kurang mampu memahami ketika menghadapi pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran Matematika di kelas V. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dan VB yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah teknik sampling total. Data yang didapat oleh peneliti dalam penelitian ini dengan menggunakan soal post-test berupa pilihan ganda materi bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan peneliti dalam soal post test siswa laki-laki adalah 71,79, sedangkan nilai rata-rata dari soal post test siswa perempuan adalah 85,21. Berdasarkan analisis data, sampel berdistribusi normal dan homogen. Setelah data berdistribusi normal dan homogen, data di analisis menggunakan Uji independent Sampel T-Test dan diperoleh thitung = 3,241 dan nilai ttabel = 2,009 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga nilai thitung 3,241 > ttabel 2,009. Dengan demikian setelah melihat hasil uji-t dan nilai rata-rata siswa laki-laki dan siswa perempuan dapat disimpulkan bahwasanya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa laki-laki dan hasil belajar siswa perempuan pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 32 Palembang.