Pengaruh Model Picture And Picture Dengan Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Missi Ananda Putri Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.667

Keywords:

Bahasa Indonesia; Kemampuan Menulis; Model Picture And Picture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh dengan gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental Design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini seluruh kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sample Random Sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Independent Sampel T-Test). Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen = 83,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70 serta hasil yang ditunjukkan juga dari nilai  4,981 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan  di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = +  = 27 + 27 – 2 = 52 diperoleh nilai  = 2,007. Sehingga  >  maka  ditolak  diterima maka hipotesis menyatakan bahwa model picture and picture dengan gambar berseri bepengaruh terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci : model picture and picture; kemampuan menulis; Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ananda Putri, M., Dedy, A., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengaruh Model Picture And Picture Dengan Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Siswa Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 381–390. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.667

Issue

Section

Articles