Pengaruh Model Picture And Picture Dengan Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.667Keywords:
Bahasa Indonesia; Kemampuan Menulis; Model Picture And PictureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh dengan gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental Design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini seluruh kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sample Random Sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Independent Sampel T-Test). Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen = 83,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70 serta hasil yang ditunjukkan juga dari nilai 4,981 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + = 27 + 27 – 2 = 52 diperoleh nilai = 2,007. Sehingga > maka ditolak diterima maka hipotesis menyatakan bahwa model picture and picture dengan gambar berseri bepengaruh terhadap kemampuan menulis karangan persuasi siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : model picture and picture; kemampuan menulis; Bahasa Indonesia