Pemberian Reward dan Punishment Pada Mapel PAI Dalam Meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Di Kelas I SD Laboratorium UNG
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.677Keywords:
PAI; Belajar; Punsihment; RewardAbstract
Penelitian ini mengkaji Pemberian Reward dan punishment dalam meningkatkan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pemberian penelitian tindakan kelas. Pada penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri 2 kali pertemuan. Penelitiian ini menunjukan bahwa peserta didik merasa bersemangat dalam proses belajar dan tujaun pembelajaranpun tercapai dengan efektif dan efisein.. Reward Dan Punushment mempunyai peran penting terhadap peningktan hasil belajarpeserta didik. Peserta didik yang yang mendapat Reward dan Punishment dengan serta merta motivasi belajarnya meningkat. Peserta didik terdorong untuk mengerjakan tugas karena adanya dorongan untuk melakukanya. Pemberian Reward ada berupa sanjungan, hadiah dari guru dan nilai. Berdasarkan temuan di lapangan saat penelitian tindakan kelas peneliti berkesimpulan bahwa pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran PAI.