Pengembangan Multimedia Interaktif Puzzle Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dayinta Dhety Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.682

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara bersama guru kelas 4  menunjukkan bahwa peserta didik kelas 4 masih kurang memahami materi KPK dan FPB dikarenakan minimnya penggunaan media pada pembelajaran matematika. Tujuan dari studi ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Multimedia Interaktif Puzzle dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran di kelas. Riset ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) melalui 5 tahap yaitu, Megnanalisis, Merancang; Mengembangkan; Menguji cobakan dan Menilai. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif puzzle  KPK & FPB adalah sebagai berikut : (1) Hasil dari validasi media menghasilkan persentase sebesar 88% media dinyatakan valid dan tidak perlu adanya resvisi, (2) Hasil dari validasi materi menghasilkan persentase sebesar 88% materi dikatakan valid dengan tidak adanya refisi untuk belajar (3) Hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 86% dengan demikian media dinyatakan praktis dan dapat digunakan, (4) Hasil ketuntasan klasikal siswa mendapatkan persentase sebesar 95%  dengan nilai rata-rata 80 dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dan dapat digunakan.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Dhety, D., Primasatya, N., & Ibnu Zaman, W. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Puzzle Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 222–235. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.682

Issue

Section

Articles