Pengembangan Media Pembelajaran Pumkabuja (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Authors

  • Fenny Anindya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.688

Keywords:

Media; Monopoli; Keragaman Budaya; Pop-Up

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE . Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Senden 1 Kayenkidul Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi media dan materi, soal posttest, angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan valid, dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 85,4%, pada hasil validasi ahli materi IPS memperoleh skor 96%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari ahli media dan materi adalah 90,7% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan praktis, dapat dibuktikan dengan hasil angket respon guru memperoleh skor 93,8%, pada hasil angket respon siswa memperoleh skor 95%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari angket respon guru dan siswa adalah 94,4% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan efektif, dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest memperoleh skor rata-rata sebesar 86,25% dengan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% termasuk dalam kriteria sangat efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat dinyatakan media pembelajaran PUMKABUJA dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Anindya, F., Primasatya, N. ., & Ibnu Zaman, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pumkabuja (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 346–357. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.688

Issue

Section

Articles