Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango

Authors

  • Qurul Khasanah Universitas PGRI Madiun
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Keywords:

Digital Teaching Material, Literasi Sains, T-PACK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango, (2) mengetahui kelayakan pengembangan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah pengembangan Borg and Gall 6 dari 10 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) observasi; (2) angket; (3) dokumentasi; (4) wawancara. Instrument yang digunakan ialah (1) lembar validasi ahli; (2) lembar angket respon siswa.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengembangan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango berupa naskah E-Modul. Naskah ini diwujudkan dalam naskah E-Modul melalui tahapan pengembangan Borg and Gall. (2) hasil kelayakan penelitian berdasarakan penilaian ahli media dengan presentase 88,2%, ahli materi 85,4%, ahli Bahasa 88%, angket respon siswa pada uji coba terbatas dengan rata-rata 100% dari skor tersebut mendapatkan kriteria “Sangat Baik” memenuhi kriteria kelayakan serta layak digunakan.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Khasanah, Q., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. . (2022). Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 201-211. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690

Issue

Section

Articles